The power of emak
News

The Power Of Emak – Emak

Hey..masih musim ya nyinyir-nyinyir sama emak-emak? Kalian itu lahir dari jenis mereka, jadi harusnya yang kalian pikirin itu “emak-emak itu kerjaannya ga satu, bisa lebih dari 4, jadi kalo misalkan ada oknum emak-emak yang lalai dilalu-lintas ya wajarkan saja..kalian pun pasti ada lalai nya”

The power of emak

Duh..ko jadi emosi ya saya, hehe jadi intinya gini deh..kan kita itu hidup di negara yang sangat heterogen dan dinamis, jadi mewajarkan emak-emak naek motor itu sangatlah harus,,jangankan naek motor sekarang emak-emak sudah mengenal internet dan karena mengenal internet sekarang emak-emak punya power lebih, bukan power lebih untuk bikin status di sosmed aja, tapi lebih dari itu emak-emak sekarang bisa berkontribusi untuk menambah pundi-pundi keluarganya baik dengan jualan produk jadi, menciptakan produk baru atau sekedar menjadi reseller.

The power of emak-emak inilah yang bikin saya ingin bilang “hey jangan remehin emak-emak zaman now ya” dengan maraknya market place semacam tokopedia, bukalapak, olx dll. Emak-emak berhasil merubah tatanan bahwa emak diem aja didapur. Sekarang emak-emak bisa jualan selepas masak didapur dan bisa mendapatkan penghasilan sendiri membantu suami. Bahkan tidak jarang juga emak-emak bisa sangat sukses dengan jualan onlinenya dan membangun perusahaan dirumahnya.

the power of emak

Banyak sekali produk yang menawarkan sistem sederhana untuk membantu emak-emak, semisal produk pakaian. Kenapa produk pakaian lebih mudah dan sederhana :

  1. Emak-emak tidak harus takut pakaian itu basi seperti makanan
  2. Emak-emak bisa dengan mudah menerka mana yang menjadi trend
  3. Emak-emak bisa dengan mudah mempersiapkan pengirimannya
  4. Emak-emak tidak harus takut tidak laku, cukup pake insting aja kalo mereka juga suka belanja

Dari semua produk pakaian (yang dipakai) sebaiknya emak-emak yang akan memulai usaha online lebih memilih barang yang tidak terlalu besar modalnya ataupun dengan modal yang sama bisa mendapatkan produk/item produk yang lebih banyak. Misalnya KAOS KAKI MUSLIMAH, kenapa kaos kaki muslimah? Oke seperti ini pointnya :

  1. Emak-emak sudah bisa tau kalo di Indonesia mayoritas muslim
  2. Emak-emak juga bisa melihat perkembangan industri pakaian muslim
  3. Emak-emak pasti nonton tv dan sekarang banyak model/artis sudah berhijab
  4. Emak-emak pasti setidaknya pernah membeli kaos kaki muslimah (jempol) jadi tidak perlu lagi untuk ragu mengenal produknya.
  5. Emak-emak tidak perlu tempat/gudang yang luas

bisniskaoskaki

Setelah melihat point diatas saya jadi teringat salah satu produsen kaos kaki KANIK asal Bandung yang memang fokus pada kaos kaki muslimah dengan produk andalannya KAOS KAKI JEMPOL. Kanik sendiri menawarkan sistem keagenan pada konsumennya dengan range potongan harga dari mulai 30% – 50% sesuai dengan tingkat keagenannya, sistem detailnya seperti apa sobat semua bisa cek websitenya di www.kaoskakibandung.com atau www.kanik.id  . Nah ini juga ga kalah penting nih untuk emak-emak yang ingin mulai berjualan :

  1. Cek kualitas produknya
  2. Cek kebenaran perusahaannya
  3. Cek katalog produknya
  4. Pastikan perusahaannya mempunyai website

Setelah semua tahap diatas sudah emak-emak semua cek dan ricek, emak-emak semua sebenarnya udah tinggal mulai aja karena market place dan sosial media itu gratis jadi tinggal bikin akunnya aja dan jangan lupa kalo penjual yang berhasil itu adalah penjual yang jujur, jadi emak-emak semua harus jujur dan cepat tanggap demi kepuasan konsumen.

 

Anindi Prastya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *